27 Januari 2011

3P

Meski Bill Porter terlahir sebagai penderita celebral palsy, tangan kanan cacat, berjalan pincang, dan tidak dapat berbicara dengan lancar, ia tidak pernah memiliki rasa minder dan merasa tidak berguna.

Kasih sayang dan motivasi sang ibu telah membentuk anak ini menjadi pemuda yang memiliki ketekunan, kesabaran, dan semangat tinggi.


Hasilnya, meskipun tumbuh sebagai pemuda yang cacat dan selalu mengeluarkan air liur saat berbicara, Bill membuktikan bahwa semua keterbatasannya tidak dapat menghalanginya untuk mencapai sukses sama seperti orang normal lainnya.

Seperti halnya orang normal lainnya, di dalam meniti karir tidak ada jalan pintas atau kemudahan bagi Bill. Tantangan-tantangan seperti cemoohan, penolakan, kritik, dan kerasnya persaingan tetap dialami Bill. Namun, semua itu dijalaninya dengan senang hati.

Malah sewaktu dirawat di rumah sakit, Bill sempat-sempatnya menawarkan produknya kepada pasien di sebelahnya. Dan jika ada konsumen yang memberinya hadiah sebagai bentuk iba atas kondisinya, Bill bahkan berujar, “Saya ini salesman, bukan pengemis yang sedang meminta belas kasihan.”

Dari situ akhirnya Bill berhasil menjadi pemasar sukses, dan mendapat penghargaan sebagai ‘The Best Salesman of the Year’ dari The Watkins dan The National Council on Communicative Disorder.

Tahukah anda apa rahasianya, mengapa Bill bisa sedahsyat itu? Jawabannya adalah 3P, yaitu PASSION (semangat), PATIENCE (kesabaran), PERSISTENCE (keuletan). Tanpa 3 hal tersebut, rasanya mustahil Bill bisa meraih sukses.

Nah, sekarang kita pun demikian! Anda dan saya juga bisa sesukses atau bahkan lebih hebat dari Bill jika kita memiliki 3P di atas. Jika kita sudah terbiasa memilikinya sejak kecil, maka kesuksesan berada dekat sekali dengan kita.

Masalahnya, bagaimana kalau kita tidak terdidik seperti Bill sejak kecil? Jangan menyerah dulu. Kita tetap dapat memilikinya sekarang. Caranya: biasakan diri anda selalu melakukan 3P. Mungkin butuh waktu yang lama untuk mendapatkannya. Tapi, percayalah, pasti ada hasil yang akan anda peroleh.

* * *

Sumber: Hikmat Profesi, 27 Januari 2011

Di-online-kan oleh Paulus Herlambang.

==========

Artikel Terbaru Blog Ini