14 Januari 2011

Mengantisipasi Perubahan

"Tidak ada yang abadi di dunia ini kecuali perubahan," papar pengusaha Indonesia Aburizal Bakrie dalam sebuah wawancara di program berita sebuah TV swasta tentang krisis ekonomi.

Perubahan bersifat pasti dan tidak bisa dihindari ataupun ditolak. Setiap perubahan perlu disikapi dan diantisipasi. Setiap perubahan bisa memberi dampak positif, juga bisa berdampak negatif.

Lapangan pekerjaan yang sempit, usia yang menua, anak-anak tumbuh dewasa, polusi, kesehatan, cuaca, dan segala perubahan lain bisa berdampak sangat buruk.

Berikut beberapa kunci yang akan membawa kita pada kesuksesan dalam menghadapi perubahan:
  1. Keyakinan. Sebagian besar kesuksesan serta terwujudnya mimpi dan cita-cita terjadi karena keyakinan kita. Dalam kehidupan, bila seseorang yakin bisa meraih cita-citanya, maka setengah keberhasilan telah ia kantongi. Otaknya secara alami merespons, hormon adrenalinnya mengalir, hatinya bersemangat dan teguh, seluruh peredaran darahnya mengalir lancar seakan mendukungnya melakukan aktivitas menuju terwujudnya sebuah mimpi.
  2. Etika. Setelah memiliki keyakinan, jagalah etika anda karena sesuatu yang baik hanya bisa diperoleh dengan cara yang baik.
  3. Kejujuran dan Integritas. Kejujuran merupakan fondasi keutuhan pribadi, sedangkan integritas adalah sikap total dalam meraih kesuksesan yang bermartabat. Kedua hal ini begitu penting dalam perjalanan menghadapi perubahan.
  4. Tanggung jawab. Pada hakikatnya orang yang bertanggung jawab terhadap dirinya, pekerjaannya, atau lingkungannya adalah orang-orang yang telah meraih sebagian kebahagiaan dalam diri pribadinya tanpa ia sadari.
  5. Profesionalisme. Kesuksesan membutuhkan sumber bahan bakar berupa profesionalitas atau kecintaan terhadap pekerjaan, apa pun bentuknya.
Hanya orang yang mau beradaptasi, dialah yang akan survive menghadapi perubahan zaman yang dinamis dan penuh tantangan.

-----

Kata-kata bijak:
Zaman dan keadaan tidak akan beradaptasi dengan anda. Andalah yang harus beradaptasi.

* * *

Sumber: Hikmat Profesi, 14 Januari 2011 (diedit seperlunya)

Judul asli: Perubahan

Di-online-kan oleh Paulus Herlambang.

==========

Artikel Terbaru Blog Ini