11 Januari 2011

Kunci Sukses Berbisnis

Memulai bisnis sendiri bisa dari mana saja. Namun kebanyakan orang menganggap modal menjadi hambatan utama. Ternyata uang bukan faktor utama yang membuat seseorang bisa sukses dalam bisnis. Apa saja kunci sukses berbisnis?

Menurut penulis dan pembicara terkenal Brian Tracy, ada tiga langkah kunci untuk menjadi seorang pebisnis yang sukses.

Pertama, temukan bidang bisnis yang cocok (disukai)
Jika sudah menemukan bisnis yang cocok, seseorang harus mendedikasikan seluruh sumber dayanya (waktu dan upaya/effort) untuk bisnis tersebut. Termasuk sabar menjalaninya, pada saat bisnis tersebut masih belum memberikan penghasilan.

Sebanyak 74 persen dari para miliarder di Amerika Serikat (AS) mendapatkan kekayaannya dari bisnis yang mereka jalankan sendiri. Satu hal lagi, beberapa di antara mereka bahkan tak punya bisnis pada tahap awal kariernya.

"Kita tak perlu punya pengalaman bisnis saat akan memulai bisnis. Yang kita butuhkan adalah mempelajari berbagai hal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis kita, dan jangan lupa menjalankannya," papar Tracy.

Kedua, bangun karier dari passion kita
Passion (gairah, keinginan besar, atau kegemaran) merupakan faktor penting dalam menentukan sukses bisnis. Banyak pebisnis sukses yang memulai bisnisnya dengan menjual produk yang paling mereka sukai seolah-olah mereka akan menggunakannya sendiri. Sebagian lain memulainya dari hobi atau minatnya. Karena itu, untuk memulai bisnis pikirkan suatu produk atau jasa di mana kita bisa menyatu dengannya.

Ketiga, kita harus punya aset berharga
Aset di sini bukan uang. Menurut Tracy, aset terpenting yang harus dimiliki adalah energi, imajinasi, karakter, dan disiplin. Dengan kata lain nilai dan kualitas diri anda yang luar biasa, itulah aset berharga.

---
Segala sesuatu selalu dimulai dari langkah pertama. Mulailah langkah pertama usaha, karier, dan hidup anda dengan landasan prinsip dan kebenaran yang berasal dari firman Tuhan.

Ketika anda membangun bisnis dan hidup anda di atas kebenaran, maka upah dari pekerjaan anda akan membawa pada kehidupan.

-----

Kata-kata bijak:
Mulailah langkah pertama usaha anda dengan karakter, energi, dan disiplin. Itulah aset utama anda.

* * *

Sumber: Hikmat Profesi, 11 Januari 2011 (diedit seperlunya)

Judul asli: Upah Pekerjaanmu

Di-online-kan oleh Paulus Herlambang.

==========

Artikel Terbaru Blog Ini