17 September 2012

Manusia ABC

Ada tiga tipe manusia. Tipe A = Antusias. Orang yang selalu semangat menjalani hidupnya. Juga dengan semangat dan bergairah melakukan setiap tugas yang diberikan kepadanya.

Jikalau dia ditugaskan pergi ke daerah terpencil dan sulit, dia akan selalu menunjukkan sikap optimistis dan menjalaninya dengan mantap.

Hasil kerjanya pun excellent. Orang seperti ini akan menginspirasi orang lain yang ada di sekitarnya dengan gairah dan semangat yang ditularkannya.


Tipe B = Biasa. Orang seperti ini bekerja hanya untuk menjalankan tugas yang diberikan ke pundaknya. Ia melakukannya sama persis seperti prosedur yang sudah digariskan.

Tidak ada kreativitas atau aktif mencari sesuatu yang baru, yang dapat menghasilkan terobosan yang diciptakannya. Prestasi kerjanya pun sedang-sedang saja, alias rata-rata seperti kebanyakan orang.

Tipe “biasa” dalam kelompok tidak akan menginspirasi orang, tetapi dapat didorong prestasinya agar maju dan maksimal, kalau dia mau berubah.

Tipe C = Cuek bebek. Tipe orang yang acuh tak acuh. Pokoknya hanya mengerjakan apa yang sanggup dilakukan oleh tangannya. Kalau ada tugas yang diberikan, tetapi tidak terjangkau oleh tangannya, ia tidak akan mengerjakan pekerjaan itu dengan perasaan tidak bersalah. Prestasinya di bawah rata rata.

-----
Ketiga tipe orang ini akan berbeda dalam mengisi dan memaknai hidupnya.

Orang yang antusias akan optimistis menjalani hidup dan hari-hari di depannya dengan keyakinan diri yang mantap. Meskipun menghadapi kesulitan, tetapi ia akan mengubah kesulitan itu menjadi peluang.

Orang yang “biasa” saja akan menjalani hidupnya tidak seserius orang yang pertama.

Lalu bagaimana dengan orang tipe cuek bebek? Dalam hati mereka berkata, “Emangnya gue pikirin...”

Sebuah nasihat mengajar kita agar menghitung hari-hari hidup kita serta menjalaninya dengan bijaksana, karena hidup manusia itu singkat.

Dalam hidup yang singkat tersebut kita harus mengisinya dengan cara, sikap, dan hasil yang bermakna. —Pdt. Agus Wiyanto

* * *

Sumber: KristusHidup.com, 10/1/12 (diedit seperlunya)

==========

Artikel Terbaru Blog Ini