17 Februari 2011

Gambaran Pemimpin

John Maxwell, pakar kepemimpinan, dalam salah satu tulisannya mendefinisikan seorang pemimpin dalam empat gambaran.


Gambaran pertama adalah sebagai tuan rumah. Seorang tuan rumah yang baik adalah orang yang mengambil inisiatif dan bisa membuat orang lain merasa nyaman. Ia akan melakukan apa saja agar si tamu betah dan ingin berkunjung kembali ke rumahnya.

Ya, sebagai pemimpin kita perlu belajar menjadi tuan rumah dalam hubungan dengan sesama. Coba periksa, apakah keberadaan anda membuat tamu yang dalam hal ini adalah bawahan, rekan kerja, pelanggan atau siapa pun merasa senang berada di dekat kita?

Gambaran kedua adalah sebagai dokter. Dokter yang baik pasti suka bertanya. Mereka juga selalu mengecek untuk melihat kebutuhan pasiennya.

Sebagai pemimpin, apakah kita tahu kebutuhan bawahan kita? Tahukah kita “penyakit” dan kondisi organisasi kita? Bertanyalah dulu agar kita bisa benar-benar tahu kebutuhan mereka. Jangan pernah memberikan resep sebelum melakukan diagnosis.

Saat organisasi, tim atau perusahaan mulai terlihat kurang sehat, tugas pemimpin adalah melakukan pendekatan yang baik, sehingga mereka dapat terbuka dan sama-sama mencari solusi.

Yang ketiga adalah sebagai konselor. Konselor yang baik adalah yang aktif menjadi pendengar dan bisa menerjemahkan apa yang mereka dengar. Tidak hanya mendengar tapi juga memberi solusi.

Dan gambaran keempat adalah sebagai pemandu wisata. Seorang pemandu atau guide tentu tidak hanya bertugas menemani, tapi juga membawa timnya kepada tujuan. Percuma jika tim kita harmonis dan semua anggota nyaman, tapi tujuan tidak tercapai. Demikian juga sebaliknya.

Tiap orang ingin sukses, ingin mengalami hidup yang lebih baik, dan tugas pemimpin adalah membantu mencapai tujuan bersama itu.

---
Standar terbaik untuk mengukur keberhasilan seorang pemimpin adalah dengan menghitung jumlah orang yang telah dibuat bahagia.

Jadilah pemimpin yang dapat membuat orang lain nyaman, yang peka, dapat menjadi pendengar yang aktif, dan tentu saja yang bisa menolong orang-orang meraih impiannya.

JADILAH PEMIMPIN YANG MELAYANI, DAN BANTULAH ORANG LAIN MENCAPAI TUJUAN MEREKA.

* * *

Sumber: Spirit Motivator, 17 Februari 2011 (diedit sedikit)

Di-online-kan oleh Paulus Herlambang.

==========

Artikel Terbaru Blog Ini